24 July 2009

BEBERAPA CARA RAMAH LINGKUNGAN

Jika kalain penasaran seperti apa dunia kita yang kita cintai ini saat EFEK GLOBAL WARMING benar - benar Terjadi dan menunjukkan taringnya, sebaiknya kalian menonton The Days After Tomorow dan berfikir sejenak sambil merenungkannya. Ketika suatu saat bumi ini kehilangan kendali akibat Global Worming yang disebabkan oleh kita sendiri. Gimana bayangan anda..? Lebih baik kita mulai dari diri kita sendiri dengan akrab berteman dengan tanah yang kita pijak, air yang kita minum dan udara yang kita hirup. Ini Demi anak cucu kita dan generasi penerus kita!

KATAKAN "NO !!" PADA KANTONG PLASTIK.

Kantong plastik yang kalian dapatkan setelah berbelanja di swalayan maupun dipasar 'berkarat' dalam tanah, setiap tahun. 500 milyar kantong plastik dipakai dan hanya kurang dari 3% yang bisa didaur ulang. Kantong ini terbuat dari bahan polyethylene dan baru bisa hancur 1000 tahun kemudian, bayangkan..!!. Kalian bisa memilih kantong kertas yang mudah didaur ulang untuk berbelanja atau membawa sendiri kantong plastik dari rumah untuk mengurangi bertambah banyaknya limbah kantong plastik.

KEMBALI KEBAJU LAMA

Semua baju lama kalian yang mengisi lemari ternyata berefek buruk pada lingkungan. petroleum, sementara bahan katun berasal dari 3% tanah pertanian yang 'melibatkan' pestisida. Berpikir untuk mendaur ulang baju - baju lama dengan teman anda ?

MEMATIKAN KERAN SAAT MENGGOSOK GIGI

Mematikan keran saat gosok gigi, akan menghemat 3 liter air, bayangkan kalau kita kehabisan air..?

JANGANLAH TERLALU SERING MENYETIR

Berjalan kaki, bersepeda, dan bersusah payah naik kendaraan umum membantu mengurangi kosumsi bahan bakar dan 0,5 kg karbondioksida yang seharusnya terbuang dari setiap kilometer yang kalian tempuh saat mengendarai mobil atau motor. Bersepeda keman kalian pergi baik kekantor maupun jalan - jalan akan membuat badan kita sehat, udarapun akan semakin bersih


MENGHEMAT AIR PANAS
Mengurangi penggunaan mesin pemanas air hangat saat mandi berarti menghemat tagihan listrik, sekaligus mengurangi emisi karbondioksida. Menggunakan air dingin untuk mandi akan mengurangi terbentuknya 1000 kg karbondioksida dalam setahun. Patikan mengatur temperatur pemanas air anda dibawah 60 drajat celcius.

GANTI BOLA LAMPU KALIAN
Lampu LED seratus kali lebih efisien dibanding bola lampu standar. Lampu pijar tahan sepuluh hingga dua belas kali lipat lebih lama dibanding bola lampu biasa dan hanya berenergi kurang dari 75 - 80%.

BERALIH KE DETERJEN YANG LEBIH RAMAH LINGKUNGAN

Gunakan juga shower gel biodegradable ( yang mampu larut secara aman ), karena busa sabun 'kuno' membutuhkan waktu 800 tahun untuk larut !.

PERIKSALAH SELALU BAN MOBIL ATAU MOTOR KALIAN
Ban mobil yang 'tidak kempes' menghemat bahan bakar, sampai lebih dari 3% dalam setiap kilometernya. Mengurangi proses pembakaran berarti mengurangi jumlah karbondioksida yang menyebar ke atmosfer.

TANAMLAH SEBATANG POHON

Sebatang pohon mampu menyerap satu ton karbondioksida selama hidupnya.



Cara diatas itu merupana bagian kecil yang mungkin bsia kita lakukan. Marilah mulai dari yang kecil, dari linggkungan kita masing - masing. Selamatkan bumi kita yang semakin lama semakin hancur karena ulah kita sendiri. Sudahkan kalain bergerak..!!! Waspada..Waspadalah..!!!

2 comments:

  1. beljar dari sekarang menjaga lingkungan yuk...

    ReplyDelete
  2. Blogwalking siang-siang,gan...

    http://www.anekakita.com

    Anekakita.com Tempat Belanja Termurah dan Terpercaya, Toko Pakaian dan Aksesoris Online

    ReplyDelete