3 March 2012

SORE Band indie asal Jakarta

SORE merupakan nama dari sebuah band indie asal Jakarta yang jenis musiknya sulit dideskripsikan. Bayangkan saja the Beatles yang tumbuh di kawasan Pasifik, terinspirasi Steely Dan, Morrisey, Interpol, dan Antonio Carlos Jobim sambil menghabiskan malam di bioskop menonton film-film lawas.


Band ini berawal dari pertemanan masa kecil Ade Paloh (gitar, vokal), Mondo Gascaro (keyboard, vocal), dan Awan Garnida(bass, vokal). Akhir 2001, Awan Granida membawa serta dua temannya, Bembi Gusti (drum, vocal) dan Reza Dwiputranto (gitar, vocal). Dari sinilah mereka merintis band yang kemudian diberi nama “SORE”.

Pada tahun 2004 dan akhir 2005, lagu mereka masuk di dalam album kompilasi yang dikeluarkan Aksara Records. Album kompilasi pertama “JKRT:SKRG” (akronim dari Jakarta, Sekarang), kemudian album kompilasi yang kedua merupakan album lagu tema dari film “Janji Joni” pada akhir 2005.

SORE merilis album pertama mereka yang berjudul “Centralismo” pada pertengahan tahun 2005. Mereka kerap menggunakan alat musik kuno, seperti vibraphones, mellotron, dan horn yang makin memperkental nuansa musik tahun 50, 60, dan 70an tanpa menjadi terlalu retro.

Majalah Time Asia menyebut album “Centralismo” sebagai satu dari lima album Asia yang layak dibeli. Majalah Rolling Stone Indonesia pun menempatkannya di urutan ke-40 dalam “150 Album Indonesia Terhebat Sepanjang Tahun”.

Pada 2008, mereka mengeluarkan album kedua yang bertajuk “Ports of Lima” yang mendapatkan predikat sebagai album terbaik tahun 2008 dari majalah Rolling Stone Indonesia. Lagu hit di dalamnya “Setengah Lima” menraih penghargaan produksi musik alternatif terbaik dari AMI Awards pada April 2009.

Kini SORE bergabung bersama band-band indie pilihan se-Asia Tenggara dalam album kompilasi “SEA Absoulute Indie”. Dalam album ini, SORE mempersembahkan lagu “Vrijeman”. Music Services Asia berkeinginan mengenalkan para pelaku musik indie terbaik di Asia Tenggara. Dari Indonesia, SORE bersama dengan empat band indie Indonesia lainnya, The Trees and The Wild, The White Shoes and Couples Company, L’Alphalpha, dan Goodnight Electric.

No comments:

Post a Comment