26 March 2015

Lembaga Konservasi Jhonlin Lestari, Batulicin

Pagi Hari saya, anak dan adik saya pergi jalan jalan ke Lembaga Konservasi Jhonlin Lestari yang berada tidak jauh dari Rumah Kami, Tepatnya di Belakang Perumahan Kami. 

Yayasan Konservasi Flora dan Fauna Jhonlin Lestari, yang perlahan lahan dikembangkan agar dapat menjadi cikal bakal obyek wisata Tanah Bumbu khususnya daerah Batulicin. Kekayaan flora dan fauna di Kalimantan Selatan yang melimpah ruah sedapat mungkin dipelihara sebagai bagian dari kekayaan sumber daya alam. Dalam hal ini dilakukan upaya konservasi sumber daya alam yang dilakukan Jhonlin Lestari meliputi pemeliharaan binatang langka yang dilindungi Negara dan  tanaman hutan alam yang berperan menjaga ekosistem alam.


Konservasi alam ini memelihara dan mengembang biakkan beberapa jenis konservasi Sumber Daya Alam  hewan langka yang dititipkan oleh badan Kementrian Kehutanan Tanah Bumbu antara lain buaya Muara, Bekantan, Rusa, Orang Utan, Monyet dan berbagai jenis burung dari penjuru Nusantara serta beberapa jenis pohon hutan alam seperti kayu meranti dan ulin.

Nantinya kawasan konservasi ini akan dikembangkan sebagai pusat riset dan salah satu obyek wisata alam di Tanah Bumbu. Namun harapan tersebut tidak akan mendapatkan hasil seperti yang diharapkan tanpa dukungan pemerintah dan peran aktif dari segenap lapisan masyarakat demi meningkatkan pemantapan dan pengelolaan kawasan konservasi Jhonlin Lestari sebagai dasar penyiapan pengelolaan flora dan fauna secara lestari.

"ayuk kita halan - halan lagi yah.."kata bintang, anak saya.. dan kamipun pulang menuju rumah kami,

Mlaku - mlaku sik sedulur ben ora pecah ndase....hahahha....




*Foto diambil menggunkana kamera handphone Samsung galaxy Grand 2

No comments:

Post a Comment