27 May 2015

Buku Biang Inovasi yang Baru Saya baca


Mungkin saya termasuk orang yang telat baca buku ini soalnya buku ini sudah terbit di tahun 2014 lalu. tapi ora popo lah..lebih baik telat atau tidak baca sama sekali, kata orang membaca adalah jendela dunia bener rak yo..koyo dora emon ya...hehehe


Hari senin 25 Mei 2015 saya dapat kiriman dari toko buku online Bukukita.com, dua buah buku karya Yoris Sebastian yang berjudul Biang Onovasi dan Oh My Goodness: Buku Pintar Seorang Creative Junkies edisi cetakan baru, Saya Baru buka kiriman itu dan baru aja baca, yang pertama saya baca yaitu buku Biang Inovasi yang lagi Best Seller.

Saya Belum membaca sampai habis sih tapi isi buku ini menceritakan pengalaman dia dan memparkan seluk beluk "inovasi" secara bertahap. Penulis adalah salah satu penggagas Black Innovation Award (BIA), salah satu kompetisi adu kreatifitas dan inovasi yang ada di Indonesia. Memang, sebagian besar dari tulisannya menggunakan contoh karya peserta BIA agar pembaca dengan mudah memahami maksudnya. mungkin...hehehehe...

Kreativitas bisa kita latih. Itulah pesan yang ingin buku ini sampaikan pada pembaca. Berpikir ke depan. jangan takut salah dan jangan takut menjadi keganjilan. Suatu ide kreatif yang orang banyak terima sesungguhnya berawal dari ide gila dan aneh. Kreativitas selalu berusaha melampaui kelaziman, mendobrak kebiasaan, dan memuntahkan hal-hal baru. Ayo berjuang sedikit mengintip hari esok. Coba lahirkan sesuatu yang baru dari sesuatu hal usang dan membosankan. Buat orang terkejut dengan inovasimu.

Yoris Sebastian mengaku dirinya tidak terlahir jenius dan kreatif. Prestasi akademik biasa saja, bahkan dia tidak kuliah. Dia bisa menjadi kreatif karena dia sering berpikir beda dan mempraktikan hal-hal ganjil.

Buku ini menggunakan pembahasaan yang ringan. Jarang sekali ditemukan istilah yang sulit dipahami oleh pembaca awam. Yang aku suka dari buku ini adalah bagaiaman penulis seakan benar-benar memberikan perhatian kepada pembacanya bahwa mereka pun juga bisa seperti peserta BIA: kreatif dan inovatif. Tidak disangkal pula, untuk menjadi kreatif dan inovatif harus melalui proses yang namanya membaca, melakukan riset, dan melakukan observasi. Tahapan-tahapan nyata dan logis yang harus dilalui kalau ingin stand out.

Tata Letak (Layout)
Sebagian besar buku ini menggunkana 3 warna, yakni hitam, putih, dan merah. Font face dan font size yang digunakan bagiku agak sedikit kecil (mungkinkah karena ukuran buku yang juga kecil?). Di tengah-tengah pembahasan ada ilustrasi sederhana yang mendukung isi dari paragraf. Bahkan ada pula gambar karya peserta BIA yang dimaksudkan oleh penulis.

Yang Saya Suka
Penulis sangat mementingkan konten Lokal dari setiap inovasi yang nantinya pembaca hasilkan. Penulis terus mengulang bahwa yang namanya inovasi tidak harus shopisticated melainkan bisa menjadi solusi di lingkungan sekitar tempat kita tinggal. Tidak ada gunanya membuat inovasi yang wah kalau tetap tidak menjadi jawaban dari persoalan di lingkungan kita dan tidak bermanfaat bagi lingkungan kita juga.

------
PRINSIP KARYA INOVASI ;

1. ORISINAL
Sebuah karya inovasi harus Orisinal dan belum pernah dibuat orang lain.

2. RELEVAN
Sebuah karya inovasi harus mempertimbangkan relevansi dengan kebutuhan masyarakat.

3. MARKETABLE
Sebuah karya inovasi harus sesuai dengan kebutuhan pasar.

4. HAMAT WAKTU
Waktu semakin berharga, orang semakin sibuk dan membutuhkan produk yang bisa menghemat waktu.

5. SUSTAINABLE
Karya inovasi harus memiliki fungsi jangka panjang dan bukan kegunaan sesaat.
------
Bagi saya buku ini tidak hanya untuk mereka yang bergerak pada bidang desain produk atau industri kreatif seperti periklanan saja. Siapapun bisa membaca buku ini karena pada dasarnya buku ini tidak ditujukan kepada kelompok pembaca spesifik. Terlepas dari apapun latar belakang kita, tidak ada salahnya membaca Biang Inovasi. Siapa tahu, kepekaan kita untuk memecahkan masalah jadi semakin meningkat. Bener rak...!!! hehehe...Selamat membaca...



No comments:

Post a Comment