25 October 2015

Ganti Ban Tubles FDR GENZI PRO, Mantap..!!

Sudah hampir 1,2 tahun motor belum pernah ganti ban belakang. Kompon karet yang menempel di ban sudah mulai menipis. Daya gigit ban pun mulai berkurang. Alhasil sering was-was ketika di bawa jalan saat hujan dan sudah sering bocor.

Sekitar seminggu yang lalu, saya mencoba mencari Ban dengan tipe standar pabrik ( 90/80 14″ 49P ). Nyari sana-sini merk FDR tire tube type (biasa) seperti ukuran di atas gak nemu juga. Akhirnya Saya disarankan untuk menggunakan ban tubles untuk menganti ban belakang motor saya.

Kenapa Ban Tubles? Karena Ban tubeless lebih aman karena bila tertusuk benda tajam saat kendaraan melaju, ban tidak akan langsung kempis.

Untuk motor Vario 125 PGM FI (injeksi) saya ganti dengan ban tubles ukuran yang lebih besar sehingga nyaman buat jalan. Layaknya ban mobil tubles, kalau terkena paku, maka anginnya tidak akan cepat habis. Angin dalam ban akan habis kalau paku itu dicabut. 

Dan Ahirnya Saya memilih memakai FDR Genzi Pro 100/80-14 tipe Tubles , dengan berbagai alasan dan beberapa refrensi dari teman. Dan yang perlu diingat baik baik ban ini Buatan Asli Anak Negri Lho...Cintailah Produk Indonesia...!!!. Saya Beli di Batulicin, Kalimantan Selatan seharga Rp. 270 sudah termasuk pentil dan ongkos pasang. Berikut review saya;

FDR GENZI PRO Ban motor dengan karakter tajam dan tegas dirancang untuk gaya mengemudi yang lincah, sesuai untuk Anda yang berjiwa muda. Pattern yang lebih tegas & tajam menjadikan grip GenziPRO lebih maksimal. Desain konstruksi kembangan ban FDR GENZI PRO dirancang untuk menghasilkan akurasi dan stabilitas pengendalian motor yang lebih baik. Desain pola tapak berbentuk huruf “V” yang tak simetris mampu membelah air dengan sempurna .

Profil ban membulat memberikan daya cengkram maksimal saat kondisi basah. ABLS (Advanced Bead Locking System ), desain dan material sistem penguncian bead wire dirancang agar mampu menjaga posisi ban tetap di pelek sehingga kestabilan motor terjaga.

Keunggulan FDR GENZI PRO; Pertama Pertama di Indonesia, ban motor dengan Progressive TWI. Indikator keausan ban yang  memberi peringatan dini penggunaan ban sehingga lebih safe saat berkendara. Kedua; Kembangan overlap menambah daya cengkram saat pengereman. Tidak licin di aspal kering atau basah sehingga keamanan terjaga. Ketiga; Bead area yang luas melindungi rim dari benturan. Multistep-pattern meningkatkan kestabilan dan daya cengkram. Keempat; Ban dengan rasio 80 memberikan tampilan ban lebih ceper dan stabilitas yang lebih baik.

Bagaimana dengan performa ban ??? berhubung masih relatif baru pakenya, saya belom bisa memberi input lebih detail. Namun setidaknya ban FDR Genzi Pro 100/80-14 tipe Tubles ini jauh lebih nge-grip ketimbang ban standar pabrikan baik itu di jalanan kering atapun basah. Hanya saja ban ini terasa lebih keras ketimbang ban standar, jadi kalo lewat jalan yang rusak, cukup terasa bantingannya. Nah segitu dulu, opini dari saya. Semoga bermanfaat.

*Info lainnya bisa dilihat di website FDR, click www.fdrtire.com

2 comments:

  1. mantap postingannya gan.di tunggu kunbalnya gan :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih om..ini cuman pengalaman saya aja kok gan..

      Delete