7 January 2016

Mencicipi Coto Makassar Daeng Gassing Depan Pasar Minggu, Batulicin

Coto Makassar termasuk jenis sup yang jadi kuliner khas Indonesia. Keberadaannya sendiri udah cukup lama, bahkan dulunya Coto Makassar jadi hidangan untuk Raja Gowa. Ini merupaka makanan khan Maksar, iya lah namnya aja Coto Makasar mosok khas Temanggung…hahaha..

Nggak usah jauh-jauh untuk menikmati Coto Makassar, di Batulicin, tanah Bumbu, Kalimantan Selatan  ada kok Coto Makassar dengan cita rasa asli dari Sulawesi Selatan! Kata teman saya Akbar . Coto Makassar Daeng Gassing  tepatnya. Di Depan pasar Minggu Tanah Bumbu, samping Bank BCA Simpang Empat.
Emang depot ini udah berdiri lumayan lama di Batulicin. Tapi apa kamu semua udah nyicipin warisan kulinerr yang satu ini? Nah, Sayabakal ajak Kalian Semua ikut ngerasain makanan khas Sulawesi Selatan di Depot Coto Makassar dan Konro Daeng Gassing. Coto Makassar di sini disajikan dengan irisan daging dan jeroan sapi yang sangat empuk. Eits, jangan tertipu sama namanya ya. Coto beda banget sama soto. Coto Makassar bisa dibilang lebih mirip rawon karena kuah nya gelap dan nggak bening.

Selain potongan daging dan jeroan Sapi, ada ketupatnya juga lho, sayang potongan dagingnya kecil - kecil. Kata teman saya yang asli makasar bahwa disini ketupatnya gratis…hahahaha. Penyajiannya pun memakai mangkok seperti yang dijual di maksar disana. Saya sih belum pernah ke makasar jadi belum pernah mersakan Coto Makasar disana…. hehehe.

Sayangnya tempatnya belum begitu bagus dan masih panas, apalagi kalian makan pas jam 12 siang seperti saya kemarin (6/12/2015), dijamin sumukkssss…tapi tempatnya bersih kok solanya habis direnovasi. Dulunya depot ini menggunakan tenda biasa. Tapi itu bukan jadi masalah toh kita bukan makan tempatny, benar gak…?

Sayangnya lagi, pas saya kemarin berkunjung untuk mecicipi Coto Makasar dan Konronya tidak tersedianya Es Pisang Hijau yang asli Makasar tersebut, cukup disayangkan sih.

Secara keseluruhan pelayanannya cukup efisien, tanpa mengutamakan keramahan. Coto Makasarnya enak, bumbu kuahnya terasa dan daginya empuk, serta panas kuahnya pas. Untuk Konronya saya tidak bias meberi komentar banyak soalnya yang makan Konro temen saya, Akbar. Kata temen saya sih enak, “Jos pak anjum..!!!”.

Mari makan...!!!



4 comments:

  1. joss pak anjum rasane... enak tohh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak bar, mantap..makasih ya..udah dibayarin..

      Delete
  2. waaahhh coto makasar, terus dmkan breng es pisang ijo...enaknyaaa pak hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang pas saya mencicipi di kedai ini, es pisang ijonya lagi gak buat. Padahal itu pasangan yang serasi ya...hehehe...makasih sudah berkunjung.

      Delete