22 February 2016

Menggunakan Hario Digital Scale VST-2000

“Membuat kopi aja kok ribet, pakai ditimbang segala ?” Itu komentar teman saya yang mendengar cerita saya melakukan proses menyeduh kopi dengan menggunakan timbangan digital demi sebuah presisi. Saya hanya bias tersenyum bila menerima pendapat tersebut sambil berdoa “Ya Tuhan berilah mereka hidayah-Mu. Aamiin” hahahaha…

Ini koleksi timbangan digital saya yang pertama saya miliki, Hario Digital Scale VST-2000. saya mebelinya dari salah satu toko kopi online di medan namanya Otten Coffee. Walau sangat terlambat, soalnya baru aja punya dna untuk membelinya, maklum harganya lumayan buat saya yang baru aja mendapat pengetahuan tentang penyeduhan kopi.  Kenapa harus ditimbang, dan kenapa alat pengukur berat ini adalah piranti wajib yang harus di miliki selain penggiling kopi. Mari kita buka bungkusnya…


Hario yang bermarkas di Jepang, produk mereka selalu didesain dengan seksama. Sebuah fungsi produk dengan tampilan menawan, sedap dipandang, ergonomis, dan tentu saja selalu memperhatikan setiap detail.
Awalnya Menggunakan VST-2000, Agak sedikit sulit melepaskan plastik pelindungnya saat dibuka, tapi dengan paksaan akhirnya bias dibuka. Berwarna hitam dengan tulisan putih untuk keterangan fungsinya dan display digital yang mudah dibaca.

Produk ini hanya menggunakan sistem metric dengan ukuran “gram”, jadi tidak terdapat konversi ke ukuran lain seperti ml, atau lb. Salah satu kelebihan timbangan digital yang sering kita temui adalah fungsi “Tare” yang sangat membantu untuk mengkalibrasi ke angka “0”.


Dilengkapi dengan pengukur waktu atau timer. Produk ini untuk mengakomodasi kebutuhan para penyeduh kopi selain untuk melakukan penyeduhan menggunakan berat, juga pentinya variabel waktu misalnya pada saat pre-infusion. timbangan akan “off” secara otomatis bila tidak ada aktifitas selama lima menit (auto shutdown).


Menyeduh kopi dengan Hario VST-2000 tentunya sangat membantu saya, terutama buat memperhatikan presisi dan ketepatan waktu yang diinginkan saat menyeduh kopi. Selain itu saya tak perlu lagi mengatur waktu dengan menggunakan handphone saya. ini pengalaman saya msetelah satu minggu ini menggunakannya, masih belajar..!!!

Selamat Mencoba, Mari kita mulai…!!!




*****
SPESIFIKASI :
- Menggunakan Ukuran Metric dengan satuan Gram
- Maksimal kapasitas 2 kilogram
- Timer bisa di re-set pada saat dioperasikan
- fungsi "tare" me-reset ke ukuran 0 gram
- auto shut-down setelah 5 menit tidak digunakan
- ukuran : 14 x 19 x 28.5 cm
- Berat : 280 gram
- Menggunakan dua batere ukuran AAA

1 comment:

  1. mantap, dilanjutin lagi donk pembahasan pertanyaan temannya pak baru masuk ke timbangan
    , hahahhaha

    ReplyDelete