21 December 2016

Festival Budaya Temanggung, Panggung Dijalan Raya..Seru...

Ratusan kelompok kesenian di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, meramaikan Festival Budaya Temanggung 2016 pada Minggu (18/12). untuk memeriahkan Hari Jadi ke-182 Kabupaten Temanggung.

Festival Budaya yang diikuti sebanyak 278 kelompok kesenian dari sejumlah desa di Kabupaten Temanggung tampil di sejumlah titik di jalan protokol Kota Temanggung mulai pagi hingga tengah hari.

Festival budaya ini bukan hanya sebagai event budaya, tetapi juga event wisata terbesar di penghujung tahun 2016. Festival ini juga sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi ke-182 Temanggung.

Kesenian yang tampil, antara lain kuda lumping, gatholoco, warokan, reog, dolalak, rebana, topeng ireng, kubro, dan sorengan. Seniman yang tampil anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan.

Jalan yang dijadikan panggung yakni seputar Alun-Alun Temanggung hingga depan Telkom yang dijadikan zona satu, kemudian zona dua meliputi jalan KS Tubun, Setyo Budi, dan seputar Setda Temanggung, sedangkan zona tiga meliputi Jalan WR Supratman, Sri Suwarno, Suyoto, dan Sudirman.

festival budaya ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka melestarikan kebudayaan peninggalan nenek moyang, selain itu juga sebagai ajang untuk pengembangan kesenian tradisional.

Pementasan kesenian tradisional tersebut mendapat sambutan dari puluhan ribu masyarakat untuk menyaksikannya, termauk saya dan keluarga. Selam pementasan tersebut arus lalu lintas yang melintas kota Temanggung dialihkan melalui jalur lingkar.

Selamat Ulah Tahun yang ke-182 Kota Temanggung


No comments:

Post a Comment