6 December 2018

Kupat Tahu BATOAR Temanggung


Selain punya Bakso uleg pak Di, ternyata Temanggung juga memiliki kuliner enak lainnya bernama kupat tahu. Sebenarnya kupat tahu tak hanya ada di Temanggung, di kota lain juga ada. adalah Kupat Tahu Batoar, lokasinya tak jauh dari pusat kota Temanggung.



Kupat tahu temanggung cenderung memiliki rasa bumbu kacang yang kuat, sedangkan tahu kupat di kota lain lebih cenderung memiliki rasa manis. Rasanya yang enak dan khas membuat kupat tahu ini menjadi makanan idola.

Di Temanggung yang terkenal dan salah satu pioner adalah Kupat Tahu Batoar, lokasinya tak jauh dari pusat kota Temanggung, tempatnya tak begitu besar, hanya sebuah warung kecil yang mungkin tak terlalu mencolok, tapi jangan salah, kupat tahu batoar ini selalu ramai pengunjung, bahkan pengunjung dari luar kota yang selalu penasaran dengan tempat ini.

Kupat tahu merupakan campuran dari ketupat dan potongan sayuran yang disiram dengan kuah kacang, 1 porsi kupat tahu biasanya berisi 1 buah ketupat, 1 buah tahu putih goreng, potongan kubis putih dan taoge rebus, kemudian ditaburi dengan bawang goreng dan disiram dengan bumbu kacang kental, yang kemudian di tambahkan dengan kecap manis.

Meski makanan dengan tampilan serta citarasa serupa banyak dijumpai di daerah lain, namun Kupat Tahu Batoar Temanggung tetap memiliki ciri khas tersendiri. Menurutnya, perbedaan mendasar terletak pada bahan baku dan racikan sambal kacang.

Saat mencicipi sepiring makanan ini, lidah kita akan merasakan sensasi nikmat berkat kombinasi pas antara ketupat, kecambah, kubis (kol), tahu goreng dipotong-potong dadu, irisan bakwan dengan sambal kacang yang dibuat dari bahan kacang goreng, bawang merah, bawang putih, cabai merah, serta kuah asam Jawa, terakhir ditabur dengan bawang merah goreng. Pas untuk santapan siang Anda?


Warung Kupat Tahu Batoar yang terletak di Jalan Gilingsari, Pandean, Temanggung, sekitar 200 meter sebelum SMK Swadaya. Lokasi ini termasuk menjadi salah satu pioneer karena sudah ada sejak 65 tahun silam dan kini dikelola oleh generasi ke tiga.

Untuk dapat menikmati satu porsi Kupat Tahu Temanggung, pengunjung tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Cukup membawa uang sekitar Rp 12 ribuan saja. Selamat Menikmati. Jangan lupa bahagia...gaes....

No comments:

Post a Comment